Selasa, 22 Januari 2013

Keuntungan dan Kerugian Rekening Bersama (Rekber)



Setelah pernah kita bahas mengenai Rekening Bersama(RekBer) untuk transaksi online, kali ini kita bahas keuntungan dan Kerugian rekber. Awal dari munculnya RekBer adalah untuk meminimalisir terjadinya penipuan secara online. RekBer biasa dipilih sebagai metoda pembayaran yang digunakan oleh online shop yang baru memulai usahanya. Tujuannya RekBer dipilih oleh online shop baru,agar tingkat trust customer meningkat terhadap online shop barunya

Selain itu juga RekBer digunakan oleh online shopper "Senior" yang ingin jaminan transaksi yang aman di internet. Namun bukan berarti tidak ada keuntungan dan Kerugian dalam menggunakan jasa pembayaran RekBer ini. Keuntungan Kerugian mengenai RekBer terjadi karena adanya tambahan biaya transaksi yang dibebankan kepada customer. Biasanya jumlah biaya tambahan ditentukan oleh pengelola jasa RekBer, biasa sesuai jumlah transaksi

Misalnya, transaksi 10.000-100.0000 dikenakan biaya 1.000 saja sebagai biaya administrasi RekBer. Biaya ini berbeda-beda sesuai kebijakan pengelola RekBer, namun seharusnya tidak berbeda jauh dengan biaya Transaksi Bank. Namun beda dengan Bank, RekBer menjamin bahwa transaksi yang dilakukan penjual-pembeli tidak ada kerugian kedua pihak.
Bila di Bank tidak ada keuntunganteksi Buyer/Pembeli, dimana Bank hanya sebagai rekening pencatat transaksi dan pemindah bukuan keuangan. Keuntungan n Kerugian RekBer ini terjadi tidak hanya di sisi Seller, di sisi Buyer pun ada keuntungan Kerugian nya. Keuntungan disisi seller ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan para seller online yaitu:
  1. RekBer meningkatkan penjualan bahkan kepada Toko Online yang baru memulai
  2. RekBer secara bertahap menghilangkan faktor NO TRUST kepada Toko Online yang baru memulai
  3. RekBer meningkatkan kredibilitas seller dimata buyer

Kerugian disisi seller dalam menggunakan RekBer untuk transaksi pembayaran adalah
  1. RekBer menambah lama masa penerimaan pembayaran dari Customer
  2. RekBer menambah proses administrasi dari transaksi yang dilakukan antara kedua pihak
  3. Seller terpaksa harus mengikuti aturan dari pengelola RekBer mengenai tata cara transaksi
  4. Seller harus meningkatkan kualitas dari layanan bila menggunakan RekBer yang ada
  5. Seller harus mnecari RekBer yang netral terhadap kedua pihak baik Seller ataupun Buyer

Kemudian untuk Buyer, keuntungan menggunakan RekBer adalah sebagai berikut
  1. Buyer lebih merasa aman dan nyaman melakukan transaksi online dengan Toko Online apapun dimanapun
  2. Buyer Memiliki Level Trust yang seragam karena menggunakan RekBer yang menjamin barang diterima baru di transfer ke seller
  3. Buyer mendapatkan layanan lebih karena seller harus menjaga layanannnya sesuai peraturan RekBer

Kemudian kerugian bagi Buyer yang biasanya didaptkan adalah
  1. Buyer merasa terbebani dengan biaya tambahan menggunakan RekBer
  2. Proses transaksi lebih panjang karena harus konfirmasi kembali kepada RekBer saat barang diterima
  3. Buyer harus mencari RekBer yang netral dalam operasionalnya, tidak pro ke seller atau ke buyer tertentu

Satu hal yang penting untuk memilih Jasa RekBer adalah kejelasan peraturan transaksi dan Fee yang dikenakan. Umumnya fee yang dibayarkan untuk jasa RekBer sebanding dengan menghindarkan terjadinya penipuan.
Jadi yang beranggapan memakai RekBer sia-sia saja, artinya siap menerima kerugian saat terjadi penipuan online. Dan juga perlu dilihat RekBer menggunakan Rekening Bank apa saja, harusnya banyak bank dan bisa transaksi antar bank tanpa fee. Kembali lagi ke basic, menggunakan RekBer bukan berarti penipuan tidak akan terjadi,tetap cek informasi sebelum transaksi.

 Belanja online mudah dan terpercaya ??? Hanya di  @jersey_original  tempatnya, buat anda para kolektor bola jangan lupa kunjungi shop kami.
 Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar